Facebook

5 Jajanan Indonesia yang Hampir Dilupakan

Oleh agan: Archminor

1.Kue Pancong

kue pancong
Kue pancong sebenarnya kue jajanan anak kecil di daerah saya. Kalau abang kue dateng pas sore-sore pasti di kerumunin anak-anak yang berebut ingin beli. Saya pernah nyobain sedikit , ternyata rasanya enak banget. Tapi sekarang kue pancong sudah sedikit peminatnya.

2.Cilok

cilok
Di Madiun nama cilok ini adalah bakso kojek, pentol bakso kecil-kecil dengan bumbu kacang seperti pecel. Pindah ke Malang eh namanya jadi cilok aka aci dicolok dengan saus tomat abal-abal, sambel dan kecap.
Bahan dasarnya gampang, sedikit daging digiling bareng tepung kanji dan banyak tepung terigu. Beri garam, bawang yang banyak, dan penyedap rasa. Bentuk bulat-bulat di air panas mendidih. Siapkan bumbu saus, sambal, dan kecap. Jadi deh. Banyak yang bilang jajanan ini ga sehat, tapiiii nikmat!!!

3. Serabi

kue serabi
Serabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa).Tapi sekarang serabi hanya ada di daerah2 tertentu karena sebagian besar orang kota sudah melupakan serabi.

4. Sekoteng

sekoteng
Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah. Sekoteng adalah minuman rasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari.Tapi sekarang Sekoteng penjualnya sudah semakin dikit.

5. Klepon

klepon
Klepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.

Klepon biasa dijajakan bersama getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan sore atau pagi hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.namun klepon sudah sedikit ada yang menjualnya,karena jarang yang mengetahuin adanya kue klepon.
Sumber:http://kask.us/5832096