Sekilas tentang becak
Spoiler for Becak:
Bentuk becak yang kita kenal berasal dari Tiongkok dan kata becak (betjak) juga berasal dari Tiongkok, bee (kuda) dan tja (gerobak) atau berarti kuda gerobak. Masuk ke Indonesia pertama kali pada awal abad ke-20 untuk keperluan pedagang Tionghoa mengangkut barang. Di tahun 1937, demikian tertulis dalam Star Weekly, becak dikenal dengan nama “roda tiga” dan kata betjak/betja/beetja baru digunakan pada 1940 ketika becak mulai digunakan sebagai kendaraan umum.
Selama ini kita hanya menganggap becak sebagai alat transportasi yg jadul dan ketinggalan jaman.
Namun, sekarang sepertinya kita harus merevisi anggapan kita tentang becak. Becak juga akan berkembang mengikuti perkembangan teknologi.
Quote:
Ini dia becak-becak masa depan gan |
Quote:
BECAK COLUMBIA Quote: Becak ini merupakan konsep becak dari Bogota, Columbia. Konsep bentuk becaknya sich keren gan, tapi sayang masih pake kayuhan
| |
Quote:
BECAK TEKNOLOGI JEPANG Quote: kendaraan yang dinamai meguru ini dikembangkan oleh kolaborasi antara yodogawa group dan kinki knives industries corporation di osaka, jepang. Kendaraan ini tengah dipamerkan di tokyo, januari ini. Motor listrik yang dipamerkan ini mampu berlari hingga 40 km/jam hingga jarak 40 km.
Meguru, motor listrik yang bodinya terbuat dari bambu ini sedang dipamerkan di tokyo, jepang. Motor yang terinspirasi dari kendaraan tradisional jepang ini dibanderol dengan harga us$ 10.000 atau sekitar rp 93,9 jutaan.
| |
Quote:
BECAK VELOTAXI
Quote: Setelah diperkenalkan di Berlin, ternyata kota-kota besar lain di Jerman dan Eropa lainnya, bahkan Jepang, juga tertarik. Duesseldorf, Vienna, hingga Kyoto langsung tertarik pada konsep Velotaxi yang ramah lingkungan. Kini tak hanya kota-kota di Jerman mempunyai Velotaxi, tapi juga di kota-kota lain di Eropa bahkan Jepang. Dimulai oleh Kyoto di tahun 2002, kemudian berlanjut ke Tokyo, Osaka, hingga ke Fukuoka di tahun 2006. Fukuoka menjadi kota ke-15 di Jepang yang memberlakukan Velotaxi.
Pada perkembangannya, turis pun tertarik pada kendaraan yang dioperasikan oleh Velotaxi GmBH, maka kendaraan ini pun jadi andalan di musim libur seperti pada musim panas. Bagi kota-kota di negara maju itu, kendaraan ini menjadikan mereka lebih pede menyebut diri sebagai kota metropolitan, kota yang ramah pada lingkungan. Bagi dunia periklanan, Velotaxi merupakan media iklan yang efektif. Di Berlin, bahkan produk sebesar Esprit atau pusat belanja C&A pun beriklan di Velotaxi.
| |
Quote:
BECAK JERMAN Quote: Autoevolution pada Kamis 18 November 2010, menyatakan bahwa becak bertenaga listrik tanpa onthel ini diciptakan untuk ajang Los Angeles Design Challenge, sebuah kompetisi kendaraan dengan berat maksimum 454 kg. Dibuat oleh perusahaan Advanced Design Studio di Tokyo, kendaraan ini dapat menampung dua penumpang. Kendaraan ini menggunakan bahan-bahan alami seperti mobil konsep Mercedes Biome. Bingkai terbuat dari serat karbon dan material komposit organik, sementara pintu-pintu dan jendela terbuat dari polikarbonat dan atap panorama menggunakan bahan organik yang fleksibel. Becak ini dilengkapi dua motor listrik yang masing-masing memproduksi tenaga 27 hp. Arus listrik disimpan pada baterai lithium-ion yang dipasang di bagian belakang kendaraan.
| |
Quote:
BECAK NEPAL Quote: Selain kendaraan bermotor, becak ternyata juga ada yang bertenaga hybrid. Di Kathmandu, Nepal, ada becak hybrid, yaitu becak yang bisa digenjot manusia dan juga bisa digerakkan dengan tenaga angin.
| |