Seperti kita ketahui bahwa menekan tombol CTRL dikombinasikan dengan salah satu alfabet pada keyboard komputer anda bisa menjadi jalan pintas untuk menjalankan perintah ataupun fungsi2 tertentu saat anda memakai aplikasi Microsoft Office. Beberapa kombinasi tersebut mungkin kita hafal fungsinya karena rutin kita gunakan. Berikut ini daftar lengkapnya dari A sampai Z.
CTRL + A:
(ALL) --- fungsi memblok keseluruhan teks
CTRL + B:
(BOLD) --- fungsi menebalkan teks
CTRL + C:
(COPY) --- fungsi meng copy teks
CTRL + D:
--- fungsi membuka menu/kotak dialog Font
CTRL + E:
(EQUATOR) --- fungsi rata tengah teks
CTRL + F:
(FIND) ---fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace
CTRL + G:
(GO TO) --- fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace
CTRL + H:
--- fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace (tab Replace)
CTRL + I:
(ITALIC) --- fungsi membuat teks menjadi miring
CTRL + J:
(JUSTIFY) --- fungsi rata kanan & kiri pada teks
CTRL + K:
--- fungsi membuka menu/kotak dialog Insert Hyperlink
CTRL + L:
(LEFT) --- fungsi rata kiri pada teks
CTRL + M:
--- fungsi menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen
CTRL + N:
(NEW) --- fungsi membuka dokumen baru
CTRL + O:
(OPEN) --- fungsi membuka menu/kotak dialog Open
CTRL + P:
(PRINT) --- fungsi membuka menu/kotak dialog Print
CTRL + Q:
--- fungsi menghilangkan nomor urut
CTRL + R:
(RIGHT) --- fungsi membuat teks menjadi rata kanan
CTRL + S:
(SAVE) --- fungsi menyimpan dokumen
CTRL + T:
--- fungsi menggeser Left Tab pada mistar dokumen
CTRL + U:
(UNDERLINE) --- fungsi menggarisbawahi teks
CTRL + V:
(PASTE) --- fungsi menampilkan hasil teks yang sudah di Copy
CTRL + W:
--- fungsi menyimpan dan langsung menutup program ms. Office yang di pakai
CTRL + X:
(CUT) --- fungsi menghapus teks (teks terlebih dahulu di blok)
CTRL + Y:
(RE DO) --- fungsi mengulang/meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan
CTRL + Z:
(UN DO) --- fungsi membatalkan aktivitas terakhir
Sumber: http://kask.us/6151574 |