Facebook

Fungsi Lain dari Mouse Scroll



Fungsi utama dari tombol tengah yang ada pada mouse komputer anda adalah untuk scroll up dan scroll down halaman pada browser atau yang lainnya. Namun tahukah anda ternyata ada beberapa fungsi lain dari mouse scroll ini yang mungkin tidak familiar bagi anda. Berikut ini penjelasannya:

1. Membuka link di halaman baru pada browser.
Biasanya untuk membuka link di halaman baru kita terbiasa menggunakan klik kanan pada mouse kemudian masuk pada pilihan new tab. Menggunakan fungsi scroll bisa untuk mengganti fungsi manual klik kanan new tab. Yakni dengan mengarahkan kursor pada link yang akan dituju lalu klik tombol scroll tersebut layaknya klik pada tombol kanan atau kiri mouse.

2. Menutup tab browser dengan cepat.
saat berinternet dengan membuka tab-tab browser dan ingin menutupnya, biasanya hal yang anda lakukan adalah mengarahkan kursor mouse ke tanda “x” yang ada di kanan atas untuk menutup tab tersebut. Anda bisa lebih cepat menutup tab browser anda dengan menggunakan scrool mouse. Caranya adalah dengan menekan scroll mouse di tab browser anda di manapun lokasinya maka browser anda akan tertutup dengan cepat. Anda tidak harus mengarahkan mouse dan klik di tanda “x”, cukup klik scroll mouse di bagian manapun tab browser anda.

3. Membuka kumpulan link bookmark sekaligus.
Jika anda memiliki situs-situs favorit yang sering anda kunjungi atau ingin anda kunjungi setiap hari, maka biasanya anda melakukan klik di satu per satu link situs tersebut di bookmark anda. Namun ternyata ada cara yang lebih cepat yaitu dengan melakukan klik di folder bookmark dengan scroll mouse. Maka secara otomatis semua link-link situs favorit anda di folder tersebut akan terbuka seluruhnya secara otomatis. Anda tidak perlu lagi membuka satu per satu, karena jika bookmark anda berjumlah banyak akan memakan banyak waktu. Scroll mouse mempercepat semuanya untuk anda.

4. Scroll otomatis dokumen atau halaman.
Jika anda membuka sebuah halaman situs atau sebuah dokumen yang panjang maka untuk melakukan scrolling, biasanya anda lakukan dengan cara memutar scroll mouse dengan jari. Namun jika halaman tersebut panjang sekali maka hal ini akan membuat jari anda capek. Untuk menghindari hal itu, cukup klik dan tahan sebentar tombol scroll mouse anda. Maka anda akan masuk di fitur autoscroll dimana anda bisa menggerakkan dan melakukan scrolling halaman yang sedang anda buka hanya dengan sedikit menggerakkan mouse tanpa harus memutar–mutar tombol scroll.

5. Untuk pindah ke tab lain.
Di browser internet tanpa ngeklik tabnya, kursor diletakkan di antara tab yang udah anda buka. Tahan klik kanan+scroll nya diputar. Fungsi ini sama kalo misalnya pake mouse logitech ato mouse lain yang mempunyai fungsi scroll kanan/kiri.

6. Untuk zoom in/zoom out halaman web.
Caranya tekan tombol ctrl + mouse scroll.

7. Untuk go back and forward page.
Caranya tekan tombol shift + mouse scroll.

8. Untuk memperlambat gerak scroll up / down.
Caranya tekan tombol alt + mouse scroll.
Sumber: http://kask.us/3927455